Thursday, March 29, 2012

#14 curhatsession : Sapa Skripsi. Haloooo.. Kamu apa kabar?

Sebenarnya sudah beberapa waktu terakhir ini, saya ingin sekali meninggalkan dunia kebiadaban fesbuk. Pindah nongkrong ke situs social network yang lain. Tapi, ada fitur di fesbuk ini yang membuat saya enggan mewujudkan niat untuk berganti “buku wajah”.

Fitur apa? Foto-foto? Nggak! Bukan itu. Iya sih, saya memang punya prinsip GSK, Gerakan Sadar Kamera dengan motto setel gaya di mana aja. Tapi, saya juga sadar diri. Saya suka privasi. Jadi, saya yang nggak goblok ngaplot foto private supaya dibilang apa’an gitu. Emang pengen dibilang apa’aaaan coba?? Nggak tauuuk dehh...

Yang bikin saya masih berat buat pindah status kenegaraan akun, gara-gara fesbuk ini punya fitur bikin catetannya itu loooh... penyakit saya kalo uda bikin status yang kayak ular naga panjangnya bisa nggak cukup kalo disediainnya cuman 160 karakter. Yasuuudd..saya bisanya cuman nulis di note. Curhat di note. Kalo blog mah, jarang saya tengok. Yang punya aja males?!! gimana penontonnya? ya nggak? Nggak. Iya deh ya..

Lagian di fesbuk uda kebanyakan fans-fans setia saya. Jadi mereka pasti banyak yang patah hati kalo saya pergi.Hakhakhakhakhakhakhak ...

Jadi, kemaren saya baru nyapa si skripsi di lapty.

Aku : ”Helooooow..skripsi!”

Dia : ”Helooo...juga..”

Aku : ”Kamu apa kabar?”

Dia : ”Kabar buruk! Kamu kok belom kelar-kelar sih garap aku?”

Aku : ”Heh??! Garap?!! Garap sawah maksutnyah?”

Dia : ”Eh, ni anak nggak gaol banget sik! Saya walo isinya kebanyakan kamus bahasa dunia planet, tapi saya ngertilah bahasa gaoll..”

Aku : ”Hahhaay...! Iya deh...iya! Kamu emang keren..gawuuul abeeezh!”

Dia : ”Ayo! Jadi kapan nih kamu nyelesein aku?”

Aku : ”He.he.he *nyengir marmut biar imut. Masih males nihh si akuu...huhuhu”

Dia : ”Kalo gitu kapan lulusnya? Kapan wisudanya? Kapan sarjananya?? Kapan dapet ijazah?? Kapan kerjanya? Kapan dilamarnya? Kapan nikahnyaaaa?!!”

Aku : ”Ehh...eittsss! ini obrolan nggak sehat nih! Udahan ah! Udah...Stop!”

Dan cukup di situ saja lah perbincangan singkat saya sama si skripsi. Hehehe..

Iya sih. Sebenarnya saya emang punya target akhir Maret ini mau nyelesein revisi Bab 1. Setelah KKN kelar, saya emang ogah-ogahan nyentuh file ini lagi. jangankan nyentuh. Ngintip. Nengokin. Ngecek uda sebesar apa perkembangannya (emang hewan peliharaan apah??) saya malessss bangeeet!!! Revisinya emang nggak banyak-banyak banget, tapi yaaa gituuu... apalah mau dikata, kenapa lagi... kita memang tak pernah satuuuuu...huwooo.. *lah..ini kok malah nyanyi lagunya kahitna!!

Apalagi kemaren ada kabar duka. Mbah saya meninggal Senin pagi seminggu yang lalu. (Allahummaghfirlahu..amien ya Ghaffar). Otomatis saya mesti pulang. Catatan revisi proposal beserta file soft copinya saya bawa juga. Tapi, ya namanya lagi berduka kan ya…jadi ya nggak saya revisi-revisi juga. Nggak sempet. Saya paling cuman cari bahan-bahan buat persiapan bab 2. Nah itu dia…bahan-bahan referensi saya ini susahnya Masya Allah! Karna apa yang saya teliti cukup baru lah..jarang-jarang orang mau ngebahas tentang hal ini eksklusif dalam satu buku khusus.

Beraninya cuman di artikel-artikel ato jurnal gitu. Kalo pun ada buku, kemaren saya dikasih temen 2 folder dalam bentuk digital. Tapi, itu semuanya pake bahasa Inggris loh. Semuanyaaaaaaah.....!

Haiyaaahh..gimana nggak tambah desperate tuuh saya?? Saya pun usaha-usaha lagi. Nyari-nyari di internet. Kali aja ada yang nyempil maen petak umpet trus nggak keliatan sama saya mungkin. Walo masih nggak ada gambaran mau ngerevisi gimana.

Dan. Akhirnya. Ketemu!! Fuuh senengnya! Alhamdulillah. Saya pun balik lagi ke Surabaya. Tapi, gara-gara kehujanan. Semua print out proposal saya lumer tintanya. Asli basah kena ujan! Untungnya masih bisa kebaca, walo keadaannya sangat menggenaskan gitu.

Keesokan harinya. Mulailah saya bergerilya ngerevisi bab 1 itu. Ngoprek-ngoprek kalimatnya. Sedikit ngerubah judul aslinya sesuai petunjuk dosen penguji proposal saya itu. Nambahin ini itu. Ternyata nggak serumit yang kita bayangkan sebelumnya loh..hehe Saya nya aja yang males. Ngeliatnya susah-susah aja gitu. Ya karena belom ngerjain mungkin yah?

Besoknya saya ngajuin hasil revisian itu ke dosen pembimbing. Berangkat bareng temen senasib seperjuangan, Uul Hutfiyati ke rumah dosen tersebut. FYI, dosen pembimbing skripsi saya ini dulunya juga dosen pembimbing skripsi ibu saya loh..hehe :D

Jadi pas bulan Januari lalu, waktu ujian proposal si Bapak ketawa pas saya bilangin gitu. Hehehe...dosa turunan! Upss...dosen turunan ceritanyaah.. :D

Kita berdua uda baca-baca mantra sebelumnya. Deg-degan takut ditolak. Persiapan senam jantung kalo harus revisi lagi misalnya. Apalagi temen saya, dia itu agak trauma gara-gara ujian proposalnya yang kemaren dibantai habis-habisan. Tapi untunglah. Ternyata benar kata ibu saya. Bapak dosen ini baik kok. Ngejelasin ini itu sama kami. Eh malah nawarin metode analisis yang lain. Kami pun agak belingsatan. Karena kami emang belum pernah mempelajari (apalagi mencoba!) teknik analisis yang Bapak maksudkan itu. Maka, pulanglah kami dengan separo kelegaan karena coretan-coretannya nggak fatal-fatal banget lah. Bapaknya juga pesen ke kami berdua. Kalo mau balik ke sana, usahakan semua bab sudah selesai dan nyerainnya dalam bentuk file aja biar enak revisinya gausa corat-coret gitu. Duhh..itu bulan apa ya kira-kira kelarnya??

Dan separonya lagi, mikirin teknik analisis baru itu. Lumayan muyeng juga deh..

Ups! Tambahan lagi! My Playlist repeating back over and over and over again….buat nemenin saya sama si skripsi cantik kolaborasi di lapty. Hehehe..

1. Sepanjang Jalan Kenangan, penyanyinya? lupa nggak tanya mama.hehe ~ “Hujan yang rintik rintik..di awal bulan ituuu…menambah nikmatnya malam syahdu!” Hahhay!

2. Temani Masa Tua, ini juga nggak tau penyanyinya sapa. Ini agak metal kayaknya deh! Tumbenan juga suka melayu-melayu. Lagian rada mirip grow old with you-nya Adam Sandler lohh..Yaudinlah..yang penting enak didenger! ~ ”Selalu temani masa tuaakuuu...” huhu..

3. Trouble – Coldplay ~ “I never meant to cause you trouble..”

4. Dee – Simply ~ Simpel bangeeeet kayak hidupku! Yihaaaaay…

5. Dee – Curhat Buat Sahabat ~ “Menanti seorang yang biasa saja. Segelas air di tangannya, kala kuterbaring… sakit. Yang sudi dekat, mendekap tanganku Mencari teduhnya dalam mataku. Dan berbisik : 'Pandang aku, kau tak sendiri, oh dewiku..' Woooo...Loveee….Loveee diz sooooong! :)

6. Far East Movement ft Ryan Tedder – Rocketeer~ “Here we gooo..come with meee..”

7. Maliq N D’essentials –Untitled ~ “Salahkah ku bila, kau yang slalu ada di hatiku…” Haduuuh boo….ini okee beraaaatss..Lembut banget musiknya!

8. Eric Clapton – Tears in Heaven ~ so pathetic deh…

9. Kahitna – Menikahimu ~“Menikah denganku..menempatkan cinta..melintasi perjalanan usia..” *gyahahahahaha..busyeeeeeettt!

SEKIAN! :)

Catetan Setahun Lalu-30 Maret 2011

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar