Tuesday, March 27, 2012

Basbeng Story: My Monday Madness

Wohoho.. As an usual case happened to me. I'm late to tell my-yesterday-monday-madness on tumblr. Im really sleepy lastnite baby.. Hehehe. Yayaya. And I hope no men read this 'tabu-women-story'.

The sudden blaze chat when I had lunch with my bontot mate Mba Endang. I told her, about how to know women's health. What is the benchmark? Have you ever known? Ok. Its just my sotoy thought. :p Hihihihihi. We only check the menstrual cycle to know it.

And the reason why do I share this my sotoy thought to her. Its just because, my menstrual cycle is always same with Mba Endang. Ya. Almost every months since I worked as an Editor with her.

Yak! Aku nyerah nerjemain semua yang ada di otak ini pake bahasa Inggliss. Hahahaha.. *ngacungin bendera warna putih* Sempet nih kemaren ditagih sama temen tentang keinginanku yang pengen nulis postingan aku kedalem bahasa Inggris. Ruwetnya bukan cuman gara-gara aku emang bulepotan kapasitas bahasanya Ratu Elizabet itu. Tapi kenyataannya, nggak semua apa yang di kepala ini jadi asik kalo di-inggrisin. Soalnya kan aku ngebahasain semuanya itu maunya ngasaaaal ajah! Nggak pake pakem ini itu. Malah kalo diterjemain, tulisan "kekhasanku" (baca: semau-gueku jadi ilang deh!) Kayak nggak berasaaa.. *masakan kalleeeeek. Hahahaha.

Yupp! Jadi, kalo pengen tau sehat nggaknya cewe secara fisik dan psikis. Tinggal liat aja kalender bulanannya! Kan aku suka kompak bareng mba Endang dapetnya. Trus bulan ini kok aku agak telatan ya? Biasanya sih emang perkiraan akhir bulan, cuman kalo bulan kemaren itu sekitar tanggal 20-an awal. Seharusnya malah pasukan pinky wingky nongolnya sebelum tanggal segitu. Aku sempet tuh kebat-kebit beberapa hari! Jangan-jangan akuuuuuh.. *sontrek lagu jamrud:telat tiga bulan! Hahahaha. Tapi kan bukan tiga bulan denk! Ini cuman telat 5 harian ajah. Makanya, aku berusaha ngibur diri. Kayak ngibur sepupu aku yang pernah telat juga. Telat sebulan malah! "Ah, ini berarti Allah ngasih kesempatan buat kamu supaya lebih banyak beribadah kali, Din." Hmm..iya mungkin yah? Makanya aku giatin ngaji dan ibadah lainnya. *kecuali puasa, ya nggak yaaa... :D

Ditunggu..tunggu. Eh ternyata kemaren! Makanya aku ngobrolin ini ke Mba Endang yang sampe sekarang masih beloman. Dududuh..nggak kompak deh! Ya aku bilang, mungkin kalo dapetnya telat bisa jadi ada kesehatannya yang terganggu. Maksudku sih bukan berarti kesehatan secara fisik aja, tapi bisa juga ke psikis. Kayak stres, depresi, banyak pikiran itu juga kan bisa mempengaruhi sistem hormonal kita. Makanya siklus menstruasi jadi nggak teratur. Yang aku liat nih Mba Endang kayaknya terlalu memforsir pikiran ke kerjaan. Makanya jadi gitu deh efeknya. Heheheh..kambuh deh sotoynya! Hahaha. Aku sama Mba Endang emang suka share masalah ginian. :)

Nggak cuman telat sih, malah kalo dateng lebih awal perlu diwaspadai juga tuh! Aku sempet kayak gitu pas awal-awal baru kerja. Entah syok karna ritme aktifitas dan waktu yang jauuuuh banget bedanya sama ngampus. Tapi, masih dalam batas normal kok. Yang penting kan nggak sampe istihadoh? Ya toh? Patut aku sukurin juga, alhamdulillaaaaah banget kalo pms aku nggak pernah yang sampe nggak bisa bangun dari tempat tidur, mules-mules, sakit kepala dan gejala fisik pms lainnya. Masih bisa bergerak lincah, bebas nemplok sana sini. Tetep hiperaktif dah! Banyak temenku yang parah banget tuh kalo dia uda dapet. Alamat dah dia nggak bisa kemana-mana. Bebaringan ajah, nggak bisa aktifitas apa-apa. Minum obat, ato minuman kiranti semacem gitulah. Feuuuh, seumur-umur alhamdulillaaaaah aku nggak pernah bermasalah sampe harus berurusan dengan minuman jenis itu. Kata sepupu, kandungan kimianya keras walo diiklannya dibilang itu minuman pure herbal. Ada sepupuku juga gitu. Kalo uda tanda-tandanya, otomatis dia uda jelas nggak bisa ngapa-ngapain seharian. Pernah dia saking sakitnya, nyaris pingsan loh!

Tapiiiiiihh..selalu ada tapinya nih, hehehehe. Pmsku itu cenderung ke mood, mental. Banyak banget yang uda jadi korban gara-gara ini. Maaaap yah sodara-sodariiiih. Heuheuuuu. Pas lagi masa-masa rawan kayak gini, jangan coba senggol-senggol! Langsung kena bacok! Hahahaha. Iyah. Emosi labil banget. Tanda-tanda yang sangat aku hapal sekali! Untuk bulan ini agak heran, tanda-tanda esmonya uda semingguan lebih malah! Cuman barusan ajah dapetnya. Makanya makasih banget buat orang-orang yang ngertiin aku kalo uda geje gini. Hehehe
Oia uda beberapa taun ini juga, aku negasin ke diriku buat nyatetin siklus haidku tiap bulan. Jadi biar prepare ajah sih.. Eh, yang lucunya nih..tanggal aku dapet dua taun lalu sama persis dengan kemaren. Yak! Benar! Tanggal 26 Maret. Wuiiwuiiihhh..kembar euyy! Hahahaha. Apaan deeeeh! :p

Yah, pokoknya tanda seorang perempuan itu sehat baik secara jasmani maupun mental, itu bisa kita liat dari teraturnya siklus bulanannya. *hehehe..sotoy lagi yah? Etapi beneraaan loh, soalnya kan aku perempuan jadi ngerti lah. *yaiyyaa dong! :D Karena aku pernah baca apa denger gitu, orang yang kena kista ato kanker rahim ato kanker payudara apa yah? *lupak, hee. Yaaa, biasanya dulunya itu siklus haid yang dia punya nggak teratur. Jadi, mungkin kalo pernah gitu mesti waspada. Pas lagi hari keramat itu, aku juga kadang konsumsi vitamin penambah darah ato makanan yang mengandung zat besi, makin bagus tuh! Kacang-kacangan kayak kedelai juga oke banget buat dikonsumsi terutama pas pms. Minum sari dele deeh! Hehehehe. Aku juga uda biasa minum jamu, langganan malah! Daripada obat-obatan penghilang rasa sakit ato minuman yang di iklan itu, yang ternyata kandungan kimianya banyak dan keras pula. Wuuuuh.. Syerreeeem ih!

Yang terpenting mesti jaga kesehatan, jalankan pola hidup sehat, olahraga, selalu bahagia dan positif thinking. Jangan lupa senyum! Hehehe.. Insya Allah hidup dan tubuh kita sehat! Amiiin. Semoga kita selalu dijaga Allah dari penyakit atau hal-hal yang membahayakan.

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar