Tuesday, July 31, 2012

4:48 AM - No comments

Demi Jiwa Dan Seluruh Penyempurnaannya

Merinding dengan kalimat di atas. Per-katanya 'nonjok' banget! Ya gimana nggak nancep gitu? Lawong itu merupakan salah satu firman Allah Swt man. Tepatnya surat Asy-Syams.. Kalo bukan gara-gara di kantor sering nyetelin radio Islami. Dan kalo bukan gara-gara radio Islaminya nyetelin lagu-lagu Islami, mana mungkin aku tau lagi nasyid ini? Lagu bersangkutan emang keinspirasi surat Asy-Syams dari mulai ayat 1 hingga 10. Aku pernah post lagu tersebut dari youtube di sini, di tumblr. Aku pernah gugling tentang surat Asy-Syams terutama ayat permulaan dari ayat 1 hingga 10. Ada dua link menarik yang membahas tentang ayat-ayat dari surat Asy-Syams di atas. Yang ini. Dan yang ini. Sila ceki-ceki nduuuut! :) Semoga memberi pencerahan. Wallahu a'lam bish-showwab.

Thursday, July 26, 2012

3:08 PM - No comments

Robsten Couple

Hotnyusss! Hotnyusss! Ada gosip heboh lagi minggu ini cuy! *duk, gayaku uda yang kayak Feni Rose belum? Hahahaha. Gosip muluk deh ceritanyooo.. :p
Us Weekly meliris berita yang bikin kalap para fans Twilight itu Senin kemaren. Parahnya, si Rob malah taunya bukan dari pihak K. Stew sendiri. Dan tau nggak Stewart itu selingkuh sama sapa? Sama sutradara di film Snow White-nya kemaren! Yaelah gilak!! Iye..iye, aku sempet nonton tuh filem. Kalo dibilang fans mereka berdua (Robsten) sih ya..nggak-nggak juga sih.. Soalnya di Twilight aku nggak seberapa suka karakter Bella, aku lebih seneng karakter Alice yang diperanin Ashley Greene. Tapiii..kemaren-kemaren aku sempet looh mikir kalo mereka berdua itu lovey dovey couple bangett! Di usia yang terbilang muda, pasangan Hollywood ini emang cocooook abess! Sama-sama tenar, masih muda, ganteng-cantik dan karirnya pun cemerlang. Dan aku yaa juga mikir kalo mereka adalah pengecualian, diantara sekian banyaknya pasangan Hollywood yang gagal. Namun ternyata sekaraaaaang?? *zoom out *mata mendelik *nada bicara diteken-teken *sontrek pilem horor Yaaa..gitu deh. *pingsan lemes. Hwakakakakak Yaudah ni aku kasih link foto-foto Kirsten sama sutradara Rupert Sanders! Di sini! Tapi kalo kalian coba trus foto-fotonya amblas, yaudin..anda belum beruntung. Kemaren link tadi masih berisi foto-fotonya lengkap. Pas aku post sekarang, foto-fotonya uda ditiadakan. Yeaa, jaga privasi kalik mereka. Ada loh kalimat Rob yang bikin terenyuh: “Ada satu hal yang tak saya pahami, yaitu, kenapa sih ada orang selingkuh?” Owww, you're the man masbroh! Truss..trus Nyonya Liberty Ross yang notabene istri Rupert Sanders sempet ngaplot foto instag..yang diduga sih buat nyindir Stewart. Omaigaaat!
Dan berikut rumpian duo cewe tentang Pattinson+Stewart+Sanders. :p

Tuesday, July 24, 2012

4:11 AM - No comments

Vokalis, The Joker Dan Comic

Jujur ye..sampe sekarang aku itu masih aja bingung. Ngapa si Ariel sampe segitu dielu-elukannya pasca bebas *pake bersyarat*? Suweeer. Aku nggak nangkep tuh maksudnya orang-orang pada hebring dia bebas. Ya kalo para fansnya hebring karna dia uda bisa keluar penjara sih nope lah, selama wajar yaaa..kayaknya nggak bakal nimbulin kontroversi. Tapi ini jadinya lebay, trus jatonya kayak si Ariel itu pahlawan bin superhero ngala-ngalain Spidey ama Batman dah! Nggak terima sayee.. hehehehe Lah iya! Coba pikir sendiri deeeh! Emangnya si Ariel itu abis menangin Nobel gitu? Apa dia dipenjara gara-gara memerangi sindikat korupsi? Mikiiiiiir doooongsss! Aku sih nggak urus tentang seberapa  keterlibatan dia dalem’ film indie’-nya itu. Etapi man, emang pantes orang yang jelas-jelas kena kasus asusila trus jadi santapan media tujuh hari tujuh malem? *kompak waktu itu aku sama Mas Sis mastiin kalo ntar lagi dia bakal diundang di acara-acara talkshow semacem Bukan Empat Mata, Showimah dan acara gosip hits laennya* :p Duh iye, kalo aku beneran nggak punya masalah sama Ariel loh ya..karya-karyanya emang sungguh diakuin bikin orang salute. Aku denger juga selama di penjara dia uda berkelakuan baik. Nah, yang aku fokusin ini para fansnya ituloooh, lebaaaaaaynya kelas dewa! Media ya jugaak! Kalo ngeliput ato nyambut idolanya biasa po’o. Nggak useh yang pake diulang tayangannya berhari-hari, ato bagi para fans yang rela-relain bolos sekolah demi dia. Yaelaaa, please don’t be lebay please.. Jadi emang kemaren istirahat, menu siang beritanya kompak tentang yang bersangkutan. Aku sama Mas Sis jadi eneg, uda cari channel tipi laen..dapet sih walo seimprit. Ada berita tentang kasus penembakan waktu film The Dark Knight rilis tengah malem di Colorado. Etapi abis berita itu abis, keganti lagi dah sama beritanya Ariel. Yak! Makin bikin lemes aja pas puasa-puasa gini. Karna masih penasaran sama berita si Joker, pelaku penembakan di Colorado tadi..sore abis pulang kantor aku gugling sekalian yutubing. Ada beberapa video amatir di bioskopnya juga loh.. Trus juga sedikit ulasan profil pembunuh yang punya nama asli James Eagen Holmes itu. Bisa liat video amatirnya di sini. Trus info tentang siapa Joker abal-abal tersebut, sila di klik di sini ato di sini. :)) Oia kemaren emang aku nggak ngepost tulisan, karna emang nggak ada yang mesti diceritain sih.. Cuman semalem sekitar jam setengah lapanan aku ketiduran di depan tipi sampe jam 9-an. Walaaah, itu kan aku juga belom makan besar alias makan nasi. Makanya bangun-bangun langsung laper. Dan kalo uda makan biasanya aku emang agak lamaan mau tidur lagi. Ku lanjut aja deh sekitar setengah sebellasan nonton stand up comedy. Para comics-nya sih masih amatiran kok jadi nggak yang lucu sampe bikin ngakak gitu, etapi penasaran juga. Makanya langsung keypooh ngecek tl mereka. Salah satu dari mereka ada yang nyertain akun tumbrl di bio tuiternya. Waaaaa, tulisan-tulisannya di tumblr aselliiiih kocaaaak! Bio tumblrnya ketulis gini, “Hayu XXX (nama pelaku). Serius tapi kampret banget lucunya.” Baca-baca postingan dia sampe nggak kerasa uda jam 1 malem. Aiiih, kena kualat tumblrnya nih paling! Karna takut besoknya kebablasen bangun,  kupaksain tidur deh.. Iya, jadi susah bobo gara-gara tadi ketiduran itu sih. Yak! Beneran aku baru bangun jam empat kurang buat sahurnya. Abis subuh pun maunya nerusin bobo lagi, sampe mesenin Ibu buat bangunin aku jam enem, tapi malah nggak sukses! Emang kenapooo? Hihihihihih. Aku masih nerusin baca tumblr yang semalem itu. Hahahahaha. Beneran gokeeel tu oraaang! Dia anak senirupa di ITB, masih muda sih umurnya baru 23 kok.

Monday, July 23, 2012

1:36 AM - No comments

Hari Anak Nasional Dan Bebasnya Ariel

Bersamaan dengan bebasnya Ariel, hestek #ArielMakinGanteng jadi TT Nasional di tuiter..sedangkan aku malaaaah ngerasa geje. Aaaaaaakk..kenapa cobak?

Di kantor sih pagi-pagi ngerasa heniiiiiiing gitu. Gimana nggak hening, lawong 3 personel desen gerapes absen ngantor. Mba Endang alesannya ya kemaren masih mesti rehat dulu. Mba Tri+Mba Fat, anaknya bebarengan sakit.

Di atas jam 10, tiba-tiba Pak Bos keluar dari ruangannya sambil megang hape. Kayaknya ada telpon penting gitu sampe angkat telpon di luar. Abis matiin telpon beliau tanya peta Singkawang. Iya sih, beberapa minggu yang lalu ada pesenan peta Singkawang. Trus sambil nyuruh aku cariin peta asli-nya, beliau ngomong kalo ada keterangan yang kurang di petanya. Haah? Kurang?? Berarti ada yang salah dong?! Print out peta aslinya uda ketemu, Pak Bos pengen ngebandingin dengan peta yang uda jadi terbitan kita.

Sambil jalan ke gudang, hatiku kebat kebit. Masalahnya itu, petanya kan dikerjain keroyokan. Aku-nya dapet kebagian nulisin angka keterangannya. Abis ku tunjukin..ealah bener. SDN 14 Singkawang Timur yang bernomer 60 di legenda tidak tercantum pada gambar petanya. Huwwaaaaah.. Jadi cuman ada gambar ikonnya aja, nomer keterangannya nihil. Aku lemeeeess deh..

Di waktu itu juga Pak Bos ngabarin kalo ada frame bagus buat penyusunan bukuku. Aku pun masuk sambil meriksa frame yang dimaksud. Lumayan bagus sih.. Sambil sibuk ngurusin frame, aku melakukan pengakuan dosa deh tentang angka yang kurang itu. Yaaah, untungnya sih Pak Bos emang orangnya nggak bawel..cuman beliau nasehatin supaya hati-hati aja laen kali. Masalahnya kan peta itu dipake sama orang buat jadi petunjuk. Kalo peta yang kita buat salah, kesian merekanya kalo tersesat ato gimana gitu lah.. Urusan frame beres aku pun keluar..

Gini loooh..kalo kerja di penerbitan. Sekali salah, ato kurang teliti..mampus dah! Bakal rame kasusnya!

Karena masih galau gara-gara kejadian tadi, watsapin salah satu temen deh buat cerita. Huhuhuhu.. Eh, nggak lamaan Pak Bos tanyain peta Malang. Wadooooh, aku cuman dapet perintah disuruh ngecek websitenya aja, ngeliat soft filenya. Pak Bos ngiranya aku yang megang hard filenya. Adodooooh..puyeng deh!

Kompiku pun aku onlen-in, meluncur ke website Malang punya. Ayahku sms juga buat ngingetin. Tapi yang aku simpulin di sini. Kayaknya beberapa pihak terjadi salah paham dan salah tangkep deh! Yawess, aku makin menggalaaau. Eaaaaaah.. puasa-puasa gini ya..mesti sabar deh!

Abis istirahat siang, Pak Bos ngingetin print out brosur panti asuhan yang kemaren-kemaren uda beliau pesenin ke aku supaya cepet diprint. Huhuhuhuh..padahal aku inget loooh kemaren. Tapi emang lagi banyak intruksi ini itu, jadi kelupaan. Oke deh..langsung aku print segera sampeeeek jam 2 siang. Kelar ngeprint maunya sih aku kasih ke Pak Bos langsung. Tapi ternyata masih ada tamu. Ditungguin deeeeh..

Tamunya keluar, aku serain print outnya. Nggak lama aku ngasih, Pak Bos keluar lagi dari ruangannya. Ngasih tau kalo brosur yang aku print salah. Waduuuuh..apalagi nih! Tapi emang cuman file itu yang ada flesdis, aku nggak nyimpen brosur yang satunya. Dicopiin sama Pak Bos lagi deh, disuruh ngulang ngeprintnya. Dengan kepala yang uda keliyengan ngeprint lagi lah.. tapi kayaknya nggak memungkinkan deh sisa waktu 20 menit buat ngeprint 25 lembar.

Ternyata bener! Uda jam 3 teng, aku masih baru ngeprint 11 lembar. Kalo puasa-puasa gini, emang pulangnya lebih awal..yakni jam 3 sore. Pak Bos uda nakut-nakutin gara-gara ngeprintku belom kelar-kelar juga. Temen-temen uda siap pulang. Yadeh aku ngalah, mesti tanggung jawab emang karna kemaren lalai kelupaaan ngprintnya. Pak Bos pun mau nungguin aku. Tapi di kantor bawah. Aku-nya ditinggal sendirian deh di atas. Huuu :(

Untung aku orangnya beranian, jadi yaa..nerusin ngeprint deh. Sekitar 5-10 menit, printnya kelar. Aku cuman nyelesain 20 lembar aja. Trus aku turun ke kantor bawah buat nyerain brosurnya. Lah kok Pak Bos nggak ada di sana! Aku uda ngebatin, jangan-jangan ngerjain beliau aku nihh..sampe nggak ditungguin. Tapi ku liat di parkiran depan, mobilnya masih nangkring. Kuputerin lagi deh kantor dan ruang mesin. Eh, belom nongol-nongol juga. Parah ni Pak Bos kalo sampe bener-bener ngisengin aku.

Niatnya aku mau telpon beliau aja, tapi nggak punya nomernya. Sms Mba Jum, dan dia ngasih nomer beliau. Baruuuu mau mencet tombol telpon, lah..pintu kantor tiba-tiba kebuka. Nongol deh Pak Bosku dengan senyum polosnya. Kubilang aja aku sempet putus asa nyariin beliau. Nggak taunya, Pak Bos baru aja keluar dari kamar mandi di belakang. Huwaaaaaa..melakukan pemenuhan panggilan alam kayaknya beliau. Pastinya dianterin om Totok, Pak Bosku kan emang penakut. Huahahaha. Upsss.. :p

Aku pun pulaaaaaaaang... alhamdulillah deh.. Seharian yang aneeeh. :D

Oia, buat anak-anak di seluruh Indonesia yang super keren..aku ngucapin met hari anaaaak yaah! Nikmati masa-masa keemasan kalian dengan nyaman penuh keceriaan. :))

Sunday, July 22, 2012

3:24 AM - No comments

Menentukan Arah

Teringat sesuatu nggak ketika ku tulis judul di atas? Yeap! Itu judul album Sheila on 7 yang dikeluarkan di taun 2008 kemaren. Nggak akan ada hubungannya sama Sheila on 7 sih..ato beberapa lagu dalam album tersebut. Tapi sila disimak yaaa..

Eaaaa..masih lanjutan dari sesi nginep di kosan Mince. Bencana yang cukup bikin terpukul setelah posting tulisan di tumblr semalem adalah..aku lupa bawa charger hapeeh! Okelaah, seharian itu jadi nggak bisa ngapain. Malah ngutek-ngutek hape punya Mince. Liat charger BB Mince pun nggak cocok. Dipinjemin charger punya ibu Kosan Mince, juga sama nggak cocoknya.

Lalu. Lalu. Laluuu lintas!

Yang kukira menu sahur di dini hari, kita bakal bercerita di warung tepi jalan. Hehehehe. Ternyata Mince menggampangkan semua. Yak. Ibu kosan yang nyiapin saur buat kita. Yadeeeeeh, alhamdulillah. Abis saur dan solat, kompak menggelepar. Tapi ya tetep, aku terakhiran. Hehehe. Dan bangunnya pun aku terakhiran juga. Huahahahaha.

Masih bebaringan di atas kasur, sedangkan Mince uda wangi abis mandi. :) Iyalaaah, penyakit kalo lagi libur..males byar byur si saya-nya. :p Uda hampir jam 10 baru deh berurusan dengan aer. Abis solat, wangi, rapih-rapih..kita caw nyari tambal ban. Oia lupa, kemaren emang ada insiden waktu ngabuburit. Pas pake sepeda Mince, ban sepedanya bocor. Dan keliatannya parah. Jadi ketika di tambal ban, dikira bakal bayar mahal. Olalala, alhamdulillah cuman 7 rebu perak. Plus benerinnya nggak lama-lama banget.

Maunya sih ke Toga Mas abis dari tambal ban. Tapi karna siangnya uda panas berlebihan, yaa..kayaknya mending ngobrol di kosan Mince aja deh. Lagiyan bisa kapan-kapan ke sana-nya, asal bukan di waktu-waktu puasa kayak gini kali yaak. Heee.

Ngobrol lageee, trus solat abis giliran Mince. Kok aku baru nyadar! Kayak ada yang aneh deh dari solatku ini. Tiba-tiba kuinget-inget lagi. Ruteku dari rumah ke Mince. Ato kalo lagi maen-maen ke Madura, rute dari Suramadu ke rumah yang biasanya ngelewatin Ngagel. Trus ngeliat arah Matahari di jam dua siang itu. Dan yang paling bikin nyadar itu semalem! Iya! Semalem! Semalem waktu jama'ah Isya dan Teraweh di langgar deket kosan Mince itu!

Yaelaaaaaaah..baru deh nyadar! Ternyata selama ini aku solat di kosan Mince dengan kiblat yang salah. Kita solat ke arah timur mbooook! Ya ampooooon..segera ku laporin ke Mince yang lagi asik tidur-tiduran. Dan dia juga agak sambil mikiran plus nggak percaya. Nginget jawaban ibu Kosannya ketika Mince tanya kiblat yang bener di rumah tersebut, masih awal-awal masuk kosan dulu. Apa dia salah nangkep kah? *suara Mince bertanya-tanya. Hehehe.

Terhitung Mince ngekos di situ sekitar bulan April lah..hitung aja sendiri deh. Hehehehe. Yadeh, sorean abis mandi dan solat Ashar dengan kiblat yang uda benar tentunya. Aku pamit pulang. Keren! Jalanan sepi, nggak seberapa macet. Nyampe rumah cepeeeet, dan langsung liat acara Master Chef. Juga sekalian menggentayangkan diri di dunia per-onlenan, hehehe. Yupp!

Jadi bisa nangkep kan maksud dari "Menentukan Arah"? ;)

Saturday, July 21, 2012

7:58 AM - No comments

Wiken Berpuasa

Sabtu ini menjadi awal pertama puasa Ramadhan 1433 H bagi banyak orang, termasuk aku. Dan buka pertamakalinya malah kuhabiskan bukan di rumah, tapi bersama Mince.

Tapi sebelumnya, aku mau ngabarin kalo ayah Mba Endang meninggal Jumat malem. Temen-temen kantor ngirimin sms pada malam itu juga. Cuman ya dasar akunya emang lelet, males buka sms..hehe. Baru kubaca keesokannya setelah sahur. Itu cukup membuatku kaget juga. Padahal seingatku, ayah Mba Endang baru aja masuk rumah sakitnya sekitar Rabu sore. Dan pada hari Kamisnya, sepulang kerja temen-temenku berbondong jengukin. Sayangnya aku nggak ikut ke sana, khawatir macet di jalan menjelang akhir bulan Sya'ban.

Ayah Mba Endang emang sudah lama sakitnya. Bahkan jauh sebelum almarhumah Ibu Mba Endang sakit lalu meninggal. Sakit yang diderita beliau terakhir ini, aku denger adalah asma. Maklum, dulunya almarhum termasuk perokok berat.

Jadi, Sabtu pagi tadi..kusempatkan datang ke rumah Mba Endang sebelum ke kantor, karena emang jalannya sejalur. Ketemu Mas Manto -suami Mba Endang, emak Mba Endang, dan Mba Endang sendiri. Jelas sekali raut kesedihan di wajah mereka. Apalagi Mba Endang, terlihat sembab dan pucat. Setelah di sana sekitar hampir setengah jam, baru aku bisa pamit untuk berangkat ke kantor. Nekat aja sih sendirian ke sana. Biasanya kan dikoordinir bareng temen sekompi.

Dan ternyata sampai di kantor dengan sangat telat, emang temen-temenku belum berencana ke sana. Mungkin setelah pulang, baru deh rame-rame. Yaaa..mauku kan emang kuusahakan setelah kerja langsung pulang, tidak usah mampir. Ealaaah, temanku ngajak ke sana lagi. Yasudd, ikutan mereka lagi deh ke sana bareng-bareng. Ikut ngirim al-fatihah buat almarhum. Sekitar jam 1, kami pun pulang.

Sesiang itu, dalam keadaan puasa badan ternyata nggak lemes-lemes banget. Tapiii..ngantuknya masya Allah deh. Sampe rumah, abis Dhuhur langsung bebaringan nyusul Ibu yang uda bobo siang duluan. Mungkin saking ngantuknya, nyetel alarm buat bangun setengah tiga. Malah baru nyadar jam 3 lewat sepuluh. Hehehe. Emang uda bilang ke Mince, aku ke kosannya sorean aja. Kalo siang-siang, panasnya lumayan gilaaak. Huhuhu. Menghindari dehidrasi dooong. :p

Setengah empat, setelah mandi, solat dan semacemnya, pamit ke Ibu. Sayang banget sih, ternyata Ibu buka puasa sendirian. Ayahku lagi keluar jadi nggak bisa nemenin buka puasa di rumah. Ya, mau gimana lagi, keburu janji sama Mince. Kalo bukan wiken kayak gini kan bakal susah keluar. Pasti males kalo puasa-puasa.

Sampe di kosan Mince kira-kira hampir setengah lima apa ya? Pokoknya aku nyetirnya agak santai sih, nggak seberapa macet banget. Masih ngobrol bentaaar, baru jam 5 lewat kita ngabuburit bareng. Pilihannya warung yang nyediain es jus porsi jumbo! Bener-bener jumbo! Mungkin dua kalinya porsi yang biasa kita beli. Dan kenteeel juga loh! Pilihanku teteeep, yang favoriiit itu guava juice. Mince nyari jus alpukat nggak nemu, kata pelayannya lagi nggak musim. Hehehe. Akhirnya dia pilih jus mangga, uuh..sedep tuh! Makannya kita pilih nasi goreng ayam aja, dimakan bareng-bareng, itupun nggak habis. Kebanyakan ngobrol. Hehehe. Ato gara-gara terlanjur ngobrol yang bikin kita jadi kenyang yah? Hahahaha. Kita juga pesen roti bakar coklat keju, yang ini lumayan abis sih. Jus jambuku malah sempet dibungkus, karena emang waktunya mefeet kita belum solat Magrib.

Di kosan buru-buru solat Magrib, dan nggak lama kemudian uda caw lagi buat Isya plus Teraweh di musholla dekat kosan Mince. Girls talk-nya dilanjuuuut lagi..tapi Mince lebih milih tewas duluan. Hahahaha. Oke, aku nyusul juga deh..yang penting uda ngepost. Ya nggak? Ya nggak?

Friday, July 20, 2012

4:32 AM - No comments

Bhinneka Tunggal Ika

I'll write! I'll write! Ya! I wiiiiill! Hehehehe. Lagi-lagi terjadi perbedaan di kalangan kaum muslim. Berbeda dengan taun lalu dalam penentuan hari raya Idul Fitri, maka taun ini terjadi perbedaan dalam penentuan hari pertama puasa. Pihak Muhammadiyah telah menetapkan bahwa tanggal 1 Ramadhan bertepatan pada hari Jumat tanggal 20 Juli, berdasarkan hisab. Sedangkan pemerintah menentukan bahwa hari Sabtu pada tanggal 21 Juli adalah tanggal 1 Ramadhan atas hasil ru'yat beberapa wilayah di Indonesia.

Perbedaan pelaksanaan puasa pun terjadi di rumahku, keluargaku. MamPap berpuasa hari ini. Ayahku emang sejak dulu sudah lebih percaya kepada Muhammadiyah dalam urusan ini. Kalo Ibuku, karena semalem liat di tivi, di daerah Cakung bersaksi bahwa mereka sudah melihat Hilal. Ilham pastinya hari ini uda puasa, pondoknya pasti menetapkan Jumat sebagai hari pertama puasa. Hanif puasa besok, pondoknya beraliran Nahdiyyin. Aku dan kakakku mengikuti ketentuan pemerintah berpuasa besok hari Sabtu. Waaaah, pluralisme abesss ya keluarga sayaah? Hahahaha.

Maka dari itu, ayahku tidak memprotes, malah memberikan kebebasan, demokratis-tis-tis bagi kami! Mungkin beberapa dari orang akan mempertanyakannya. Tapi yaa..gimana ya?

Eh jadi inget postingan Ramadan setaun lalu, coba cek dengan hestek Ramadhan Punya Cerita yaaa..

Dulu punya aturan pribadi, bahwa tiap hari bakal ngepost minimal satuuu aja di tumblr. Untuk taun ini aku emang nggak nerapin kayak gitu. Cuman emang dari kemaren-kemaren, hampir tiap hari aku pasti posting sesuatu di sini. Walo itu cuman reblog-an aja. :)

Happy Fasting everybody! :D

Wednesday, July 18, 2012

3:15 AM - No comments

The Ancyur Rainbow Cake

Uda pada tau kan kalo Rainbow lagi ngehits? Niru rekan-rekannya seperti Red Velvet ato Macaroon? Yaap! Dan aku adalah salah satu orang yang penasaran (bukan karena rasanya, karena kalo rasanya ya pasti sama lah, walo ada juga sih orang yang bikin kue ini dengan menambahkan perasa buah pada tiap warnanya yang berbeda itu) Tapi lebih kepada penasaran gimana cara bikinnya.

Makanya sekitar sebulanan lalu, aku giat-giatnya gugling resep cara bikin rainbow cake yang lebih gampang. Pas lagi niat banget itu, lah kok dapet kabar buruk dari Omku yang di Kediri. Ketunda deh..dan sempet bikin nggak semangat lagi buat bereksperimen. Trus, aku beli majalah yang isinya ada resep Rainbow Cake. Ternyata setelah aku baca resepnya cukup mudah.

Mulailah aku merencanakan lagi, dari mulai cari dan belanja bahan dan memilih waktu yang tepat. Maklooom, bentaran lagi kan mau puasa. Jadi bakal susah to kalo musti bikin kue yang mau nggak mau harus diicip. Ngeliatnya sih emang bahannya kayaknya gampaaang gitu. Walaaaah..ternyata aku muterin Carrefour cari kayak mentega tawar itu susah loh! Kan emang mentega kebanyakan rasanya gurih? Di sana sih ada mentega tawar kalengan punya Indofood, tapi cukup mahal. Isinya kurang dari 300 gr malah. Maka dari itu aku konsul ke mba Endang. Kebetulan di sana juga nyediain produk baru dari Blue Band, yaitu mentega khusus pembuatan kue dan biskuit. Yadeh, aku comot aja. Untuk pewarna makanan aku positif aja mikirnya kalo di pasar deket rumah bakal tersedia. Karena di Carrefour juga nggak lengkap, kalo ada itupun juga mahal.

Ternyata perkiraanku melessseet! Di pasar aku dapetnya cuman 3 macem pewarna makanan yaitu: ijo, merah, kuning. Ungu sama birunya nihiiiiil. Toko kue yang di pasar, kalo hari Minggu keseringan tutup. :( Yawess deh..gatot bikin hari itu. Padahal uda ngebela-belain nggak ikutan Mimin pulkam.

Selain pewarna makanannya nggak lengkap, aku terserang flu! Kayaknya sih gara-gara malmingan di rumah temen itu. Makanya, nggak asik kan kalo bikin rainbow cakenya warnanya cuman tiga, mana takut kena cairan meler dari idungku juga. Hiyyyy! :D

Targetku sih tetep, pokoknya harus bikin sebelum puasa! Minggu sore sambil beli obat flu, ternyata aku nemu pewarna makanan warna ungu. So, tinggal warna biru aja. Dan alhamdulillah, besok Seninnya Mba Endang bawain buat aku warna tersebut. Aseek! Mulai lengkap!

Senin sore abis ngantor, aku cari meises warna-warni di Carrefour. Bikinnya yaa..baru semalem itu. Pokoknya rempong. Dari yang mulai ngumpulin bahan dan peralatannya. Dari timbangan, mixer yang entah ada di mana, trus keju yang ngilang padahal baru dibeli Ibuku kemaren. Tapi semua ketemu kok! Ya..cuman agak lamaan sih. Hehe. Start dimulai dengan menakar bahan. Tepung, mentega, gula done! Awalnya mixerin mentega, gula, kuning telur, lalu baru deh tepung yang uda dicampur baking powder+garam. Disusul putih telur yang sebelumnya uda dikocok sampe berbusa. Trus tinggal ngebagiin adonannya untuk diberi pewarna. Aku milih warna ungu sebagai percobaan pertama. Tring! Ovennya bunyi, tanda kuenya uda mateng. Pas abis diliat sama Ibu, trus bilang "Kok bantat ya?" Heh? Aku langsung firasat buruk deh, walo tetep ku kelarin tiap lapisan warna warni itu. Beneran kejadian! Semua lapisan kue yang kubikin bantetnya sakses mbooo! Nggak ngembang blasss. Uda deh..aku langsung cengar cengir aja. Hahahaha. Bukannya apa sih, ketika uda tau kuenya uda nggak akan sakses, trus masih harus nungguin 20 menit supaya tiap lapisannya mateng itu kan bikin keki? Ya ampoooon, itukan bukan satu ato dua lapisan? 6 lapisan maaaak! (Kalo di resepnya emang cuman ngasih 5 warna aja: ungu, biru, merah, kuning, ijo tapi aku tambain warna oranye biar rame). Hahahaha.

Dan resikonya itu emang mesti sabar deh walo uda ngenes ngeliat keadaan kue bikinanku. Mana di detik-detik terakhir ovennya mati pulak. Jadi lapisan terakhir yang warna biru matengnya nggak sempurna. Yawess, dipanggang lageeee daaah! Hahahaha. Baru bener-bener kelar sekitar jam dua dini hari. Kuenya uda aku susun, sambil tak lupa diolesi simple syrup sama cream cheese. Oia, simple syrup dan cream cheese aku bikin sendiri di sela-sela nunggu manggangin lapisan-lapisan kue tadi. Meises warna-warninya nggak aku taburin, soalnya uda kelewat putus asaah dan ngantuk bangeeeet toloooong! Hehehehe.

Tadi pagi kuenya kubawa ke kantor separoh, dan sedari awal aku uda ingetin ke para icipers kalo kuenya nggak sakses alias bantet. Promo kegagalan kueku emang ngasih pengaruh ke mereka, kueku masih nyisa 4 potong. Aku cuman geleng-geleng kepala aja deh..entah kapok ato enggak. Yang pasti Ibu, Mba Endang, Bu Siti tetanggaku ngasih masukan.

Beberapa prediksi mereka yaitu, telurnya kebanyakan (yoii, karena masih baru, jadi nurutin apa yang disuruh buku resepnya deh..masukin telurnya sampe 16 biji, tapi aku masukinnya cuman 15 sih) padahal buat percobaan ya nggak apa-apa kalo separuhnya aja sekitar 8 butir telur deh. Trus juga katanya ngocoknya kelamaan (yang ini entah deh aku lupa, lagian juga bingung sama ukuran lama bentarnya buat ngocok adonan kue). Dibilangnya mungkin gara-gara urutan bahan yang dikocok salah.

Menurut versi sang ahli, seharusnya yang dikocok duluan itu gula sama telur, bukan gula sama mentega. Yaaah..lagi-lagi karna saya terlalu nurutin apa yang dibilang buku resepnya. Hehehehe. Intinya..ya namanya juga belajar mboook. Kan eyke penasaran gitu yah. Sampe tulisan ini ditulis, aku nggak makan kuenya banyak-banyak. Palingan ya dikit-dikit aja. Soale parno, hahaha. Uda eneg semaleman ngejagain kue dan oven dengan bunyi detik-detiknya. Kalo kapok sih enggak ya..aku masih pengen bikin lagi. Karena walo bantet, ketika dipotong ternyata bagus loh berwarna warni pelangi gitu potongannya. *huwwaaa..apalagi kalo kuenya itu sakses sempurna yaaa? Pasti keren deh. Huhuhuhu.

Yaude sih..dalem waktu dekat emang nggak mau bikin kue soalnya kan posoan getoooh. Tapi sebelum bikin rainbow cake part 2 ntar, rencananya aku mau nyoba bikin red velvet deh..

Naaah, kenapa nggak ditampilin poto jadinya dari rainbow cake versi bantetku? Ya itu tadi. Saya nggak pedeeeeeh pemirsaaah..hahahaha. Yuk mareeeeh semuaah!

Eia, sekilat inpo..aku lagi kangen sama Bunip sekarang-sekarang. Biasanya kalo pagi suka bareng-bareng liat Sport 7 ato pas malem-malem liat Kian Santang.

Kata Ibu pas kemaren ngunjungin dia, Bunip nggak mau dibawain nugget lauk favoritya. Katanya dia mau fokus sama tempe buat lauknya. Hikss..jadi terharu guah! Ibuku juga bilang kalo dia betah di sana, hepi terus katanya. Waooo..tu anak ya.

Saturday, July 14, 2012

Empat Belas Juli..!

14 Juli kemaren?

Nggak akan kulupa. - Tanggal yang bertepatan dengan hari lahir adek bontotku, Haniiiiiip! Sekaligus juga hari pelepasan dia untuk mondok. Sayang banget, khusus taun ini sampe-sampe nggak sempet ngucapin met ultah ke dia. Gara-garanya..?? Silahkan terusin bacanya deh..
- Tanggal di mana aku nganterin Ly ke Juanda, untuk kepergiannya menemui sang misua di Ambon sana. Makanya saking rempongnya ngadain serangan fajar di bandara, sampe nggak ngucapin met ultah buat si Buniiiip. Hikksss.. :'(
- Kakak sepupuku, Mas Eka juga lahir di tanggal ini loh.. :) Trus ada apa lagi ya di tanggal 14 Juli kemaren?
- Yuhuuuuuu.. Ada Tumblr Surabaya 2nd Meet Up!! Hurraaay! Dibela-belain dateng demi nyuri kesempatan ketemuan sama artis tumblr dari Jekartah! Yak, siapa lagi kalo bukan Mr. Yunus Kuntawiaji!! Huehehehe.

Kesempatan langka dooong si Aji rela ke sini. Katanya ini adalah kunjungan pertamanya ke Jawa Timur. Sempet curi-curi ngobrol sebentar ngebahas beberapa postingannya di tumblr. Yang mana dia kan aktif banget ngejawab pertanyaan-pertanyaan dari para fansnya. Termasuk aku, yang sebenarnya adalah fans yang mengagumi secara offline aja karena jarang nanya! Maunya interview langsung face to face dooongs.. Hahahaha!

Gilak sih..heran gitu kok yang nanya-nanya ke dia di tumblr pertanyaannya macem-macem dan aneh pulak! Tapi ajaibnya si Aji bisa ngejawab itu loh! Iya sih keren ye? Maka dari itu aku nyerocos aja bahkan sempet ngorek (ato kepo kali yah?haha) tentang pilihannya untuk cagub Jekartah kemaren.

Si Aji sempet nyeletukin kalimat super "Kalau manusia semuanya tercipta sempurna, niscaya nggak akan ada nasehat di dunia."

Yeap! Beberapa postingan Aji katanya pernah menuai kritikan dan kontroversi, tapi dijawabnya dengan kalimat keramat tadi. O

ia, si Aji kan kemaren jalan-jalan ke Korea, jadi dia ngasih oleh-oleh buat para fans tumblrnya yang berminat. Termasuk aku, fans oplen setianya. Hehe. Gimana nggak setia? Lawong tiap buka dashboard, yang muncul postingannya si Aji muluk, jadi kepaksa dibaca deh..daripada mubazir. Ya kan? Huhehehehe.

Kira-kira dua minggu yang lalu sih kiriman dia dateng ke rumah via pos Indonesia tercinta, berupa Postcard ala Korea gitu deeeh..

Pokoknya mau bilang makasiiiiyoong buat Aji, si calon dokter Indonesia. Uda baek mau mampir ke Surabaya, uda bisa ketemu langsung sambil ngobrol, trus postcardnya yang lebih dulu dateng daripada orangnya. Hehehehehe.

Emang siapa sih Aji itu?

Silahkan gugling aja namanya yaaaaa :D

Monday, July 9, 2012

Mengaliri Aliran

Sebentar lagi, adekku si bontot Hanif mau masuk sekolah asrama, ato istilah yang sering kita kenal adalah pondok. Rencana awalnya sih, maunya dipondokin bareng si Ilham, kakaknya yang sekaligus adekku. Tapi karena beberapa alesan, rencana itu pun gatot!

Untunglah ada temen SD Hanif yang mau mondok di sebuah sekolah pondok yang lokasinya nggak seberapa jauh. *Ini kalo dibandingin sama pondoknya Ilham looh yaaa. Jadi, ayahku mendaftarkan Hanif di pondok yang deket sama rumah itu. Apalagi ada temen SD-nya yang juga mau mondok di sana.

Dan sore tadi ada percakapan yaaaang..*apa ya? Hehe. Yaaa gitu lah..nggak ngerti yang gimana. Percakapan bertiga, antara aku, Hanif dan Ibuku yang lagi makan. Kami ngomongin aliran pondok tempat Hanif, Ilham dan juga aku. Emang agak rumit yah? Kalo pondokku sih walo mottonya Berdiri di atas semua golongan. tetapi sangat jelas beraliran Nahdhiyyin. Sedangkan Ilham, yang emang uda bersekolah di SD Islam beraliran Muhammadiyah..juga pondoknya yang sekarang alirannya ya sama. Trus si Hanif, karena paling deket dari rumah itu sekolah SD-nya punya NU, laaah..ya kok calon pondoknya yang sekarang itu juga alirannya NU! Hehehe. Ruwet ye? Khusus kakakku, nggak usah ditanya alirannya apa. Okeeeehh?? Buat aku apalagi! Nggak useh repot-repot tanya. Hahahaha. Karena emang suka nggak jelas apa. Paling inget pas waktu pengabdian dulu. Ya, walo uda tiap malem Jum'at ada acara rutin tahlilan ato diba'an di pondok. Teteeeep, pas ngabdi aku kagoknya suksesss bessaaar! Hahahahaha. Adanya cuman planga plongoh! Ketauan ye dulunya suka ngantuk pas di GESERNA waktu baca tahlil ato diba'an gitu. Hehehe.

So, sore barusan kita ngomongin aliran random di rumah, di keluargaku. Adekku yang pastinya kritis mempertanyakan kenapa kita bisa beda-beda gitu. Mama pun ngasih pertimbangan yang bijak tentang hal tersebut. Kalo aku? Aku cuman bilang gini ke Mbunip: "Nggak apa-apa kok alirannya beda. Asal masih tetep sayang sama Mama Papa." Hehehe.

Mungkin perlunya kutambain lagi: Asal Tuhan yang kita percayai masih sama. :))