Friday, July 20, 2012

4:32 AM - No comments

Bhinneka Tunggal Ika

I'll write! I'll write! Ya! I wiiiiill! Hehehehe. Lagi-lagi terjadi perbedaan di kalangan kaum muslim. Berbeda dengan taun lalu dalam penentuan hari raya Idul Fitri, maka taun ini terjadi perbedaan dalam penentuan hari pertama puasa. Pihak Muhammadiyah telah menetapkan bahwa tanggal 1 Ramadhan bertepatan pada hari Jumat tanggal 20 Juli, berdasarkan hisab. Sedangkan pemerintah menentukan bahwa hari Sabtu pada tanggal 21 Juli adalah tanggal 1 Ramadhan atas hasil ru'yat beberapa wilayah di Indonesia.

Perbedaan pelaksanaan puasa pun terjadi di rumahku, keluargaku. MamPap berpuasa hari ini. Ayahku emang sejak dulu sudah lebih percaya kepada Muhammadiyah dalam urusan ini. Kalo Ibuku, karena semalem liat di tivi, di daerah Cakung bersaksi bahwa mereka sudah melihat Hilal. Ilham pastinya hari ini uda puasa, pondoknya pasti menetapkan Jumat sebagai hari pertama puasa. Hanif puasa besok, pondoknya beraliran Nahdiyyin. Aku dan kakakku mengikuti ketentuan pemerintah berpuasa besok hari Sabtu. Waaaah, pluralisme abesss ya keluarga sayaah? Hahahaha.

Maka dari itu, ayahku tidak memprotes, malah memberikan kebebasan, demokratis-tis-tis bagi kami! Mungkin beberapa dari orang akan mempertanyakannya. Tapi yaa..gimana ya?

Eh jadi inget postingan Ramadan setaun lalu, coba cek dengan hestek Ramadhan Punya Cerita yaaa..

Dulu punya aturan pribadi, bahwa tiap hari bakal ngepost minimal satuuu aja di tumblr. Untuk taun ini aku emang nggak nerapin kayak gitu. Cuman emang dari kemaren-kemaren, hampir tiap hari aku pasti posting sesuatu di sini. Walo itu cuman reblog-an aja. :)

Happy Fasting everybody! :D

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar