Thursday, June 6, 2013

5:06 AM - No comments

Flight Mode

Di temlen barusan, sempet heboh tentang pemukulan yang dilakukan salah satu pejabat dari Babel terhadap salah satu pramugari Sriwijaya Air, waktu hendak perjalanan dari Jakarta menuju Pangkal Pinang.

Werrr. Agak miris. Miris banget malah! Karena sepahamanku yang jarang juga siiih naek burung besi, tapi karena baru-baru ini ngelakuin perjalanan jkt-sby.. Jadi boleeeh dooong ngomen dikiiitt.

Setauku yaa para pramugari/a itu sudah melakukan tindakan yang seharusnya. Seperti mengingatkan. Menegur. Toh juga ada pengumuman yang menyarankan untuk mematikan hape. Itupun berkali-kali pulak. Yakalo situ masih ngeyel ngerasa nggak diingetin, tandanya, kuping situ yang gufek emang! Apalagi menurutku, para penumpang di pesawat pastinya sudah punya tingkat pendidikan yang cukup baik dong. Masa iya sih nggak paham seberapa berbahanya?

Dan kalo sampe ada kejadian kayak gini. Nggak liat dia pejabat ato enggak. Masa bodo' kali yah. Ya berarti emang penumpangnya yang dudul. Edannya, sampe pake mukul pramugarinya segalak gara-gara tersingung. Nggak berprikemanusiaan sekalih. Itu dikejar-kejaaarr looh juga! Aihh, aihh.. Mentang-mentang situ mbayar?? Trus jadi seenaknya gituuh?? *eya ampuuun bapaaakk*

Nggak dong sayaaaahh!

Nah, di sini. Aku jadi bingung tentang fungsi flight mode pada handphone. Apakah sudah termasuk menyalahi aturan. Apa sudah benar-benar nggak berbahaya ato gimana. Kalo pun ditakutkan jaringan telpon seluler yang mengganggu navigasi pesawat. Umhh, pernah aku nyalakan modus pesawat tapi tidak dalam posisi naek pesawat. Dan emang sinyal operator yang kupakai, benar-benar tidak berfungsi. Kemarin, karena kupikir tidak apa-apa. Ku gunakan flight mode, dan aku lupa tidak mengecek keamanannya kepada pramugari. Ada juga temen-temen di tuiter yang ngeshare tentang flight mode seperti ini:
@tiastatanka replied: tampaknya sepele, tapi perlu disiplin ponsel off. u/ BB aku harus lepas baterai, krn kepencet dikit nyala :D *bb yg aneh*
@Don_kurniawan replied: kayaknya g ya kan sinyal radionya mati,tp g tau jg sih :),pengalaman LA-HKG-Juanda mode pswt aman :) Re: mode pesawat.
Ada forum yang juga sedikit mengulasnya: HP itu sebenarnya bisa mengakibatkan interferensi selama landing dan take-off saja. Karena sinyalnya bisa mengacaukan ILS - instrument landing system. Jadi kalau di luar negeri HP harus mati di bawah 10rb feet. Lama pesawat mencapai ketinggian 10rb feet itu berkisar 15-20 menit. Jadi selama itu pula HP/Tablet mesti mati. Di atas 10rb feet HP/Tablet bisa menyala pada FLIGHT MODE karena dengan mode ini Wifi bisa tetap menyala, dan banyak maskapai modern yang sudah menawarkan Wifi Onboard pesawat.
Semoga membantu. :))

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar